Pantangan Untuk Penderita Kolesterol

Lemak adalah sumber energi terbesar. Satu gram lemak menghasilkan 9 kkal, sedangkan karbohidrat atau protein menghasilkan 4 kkal/gram. Lemak yang berasal dari makanan mengalami pemecahan menjadi asam lemak bebas, trigliserida, fosfolipid dan kolesterol selama proses pencernaan dalam usus. Celakanya lemak hanya memberi sedikit signal kenyang ke otak, sehingga kita cederung mengonsumsi makanan tinggi lemak secara berlebihan.

Secara umum, lemak dibedakan menjadi lemak jenuh (saturated fat), lemak trans (shydrogenated fat) dan lemak tidak jenuh (unsaturated fat). Lemak jenuh dan lemak trans memberikan efek negatif, jika dikonsumsi berlebihan. Sedangkan lemak tidak jenuh justru memberikan efek positif.

a. Lemak jenuh yang harus dihindari oleh penderita kolesterol

Lemak jenuh banyak ditemukan pada hewani dan makanan berlemak, seperti kuning telur, jeroan, otak, daging hewan. Jenis lemak ini akan membeku di suhu ruangan (250 C). Konsumsi lemak jenuh dan kolesterol,dapat meningkatkan kadar kolesterol darah secara drastis.

Lemak trans merupakan jenis semi-solid fat, terbentuk karena proses penambahan hydrogen pada rantai atom karbon yang menyebabkan terbentuknya lemak. Lemak trans banyak ditemukan pada makanan olahan atau sebagian minyak sayur yang sudah dipanaskan. Jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dengan cepat.

b. Lemak tak jenuh yang dapat dikonsumsi bagi penderita kolesterol

Lemak tak jenuh banyak terdapat pada tumbuhan. Ciri khasnya adalah tidak membeku di suhu ruang (250 C). Lemak jenis ini banyak terdapat pada alpukat, zaitun, ikan, kacang-kacangan, jagung, kedelai, dan biji-bijian. Kedua jenis lemak tak jenuh ini bermanfaat menurunkan kadar kolesterol.

Jenis lemak-lemak diatas merupakan jenis lemak yang harus dihindari dan dibatasi dalam konsumsinya agar tidak memperberat atau memperburuk suatu keadaan dan menghindari tingginya kadar kolesterol dalam darah yang dapat meningkatkan faktor risiko terhadap penyakit bawaan dari kolesterol itu sendiri.

Diatas telah disebutkan pula jenis lemak yang boleh dikonsumsi untuk tetap mendapat asupan lemak sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Bagi mereka yang menderita kolesterol memang sangat disarankan untuk melakukan banyak aktivitas agar lemak, kalori yang berlebih dalam tubuh menjadi larut dan cair dalam sehingga darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar dari larutnya lemak dan kalori yang menempel dan tertimbun dalam pembuluh darah maupun jaringan sel darah lainnya.


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Pantangan Kolesterol, Pantangan Kolesterol and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>